Sabtu, 21 April 2012

El Clasico, Pertarungan Messi dan Ronaldo

BARCELONA - Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo selalu saja dibanding-bandingkan. Mereka sama-sama memiliki kualitas yang hebat, tajam di depan gawang, dan membela dua klub terbaik dunia yang selalu berseteru.
   
Makanya, ketika el clasico digelar, selalu saja pembicaraannya siapa yang lebih baik di antara Messi atau Ronaldo. Pada akhirnya, penentunya adalah koleksi gol yang mampu mereka lesakkan dan koleksi gelar yang bisa diraih.
   
Nah, pada el clasico keenam musim ini, Messi dan Ronaldo kembali diadu. Mereka akan bertarung dalam pertandingan yang krusial dalam el pichichi alias top scorer dan gelar Liga Primera Spanyol, dini hari nanti (siaran langsung TV One pukul 03.00 WIB).
   
Sekarang, Messi dan Ronaldo sama-sama mengemas 41 gol di Liga Primera. Soal koleksi gol keduanya berimbang. Tetapi, untuk peluang menjuarai Liga Primera musim ini, Real sedikit lebih unggul. Mereka mengemas empat poin lebih banyak dari Barca (85-81).
   
"Leo Messi dan Cristiano Ronaldo berbeda dengan pemain lainnya. Kami sungguh beruntung memiliki mereka di kompetisi ini. Mereka tetap mencetak gol ketika timnya bermain baik atau buruk," kata Josep Guardiola, pelatih Barcelona, seperti dikutip Reuters.
   
Sejak Ronaldo masih membela Manchester United hingga sekarang Real, koleksi golnya ketika bersua dengan Messi yang membela Barca, tetapi lebih sedikit. Winger yang dijuluki CR7 itu mencetak lima gol dan Messi tujuh gol.
   
Lalu, di el clasico, Messi juga lebih unggul. Striker timnas Argentina itu mengemas 13 gol dan Ronaldo baru empat gol. "Ronaldo merupakan pemain yang luar biasa. Bersama Messi, mereka menjadi pemain yang bisa mengubah pertandingan, tetapi tetap Messi lebih baik," kata Xavi Hernandez, gelandang Barca kepada GolTV.
   
"Saya tidak suka untuk membandingkan keduanya, tetapi Leo memiliki segalanya. Dia mencetak gol, mengkreasi gol, dan selalu menentukan dalam pertandingan," bilang Xavi.
   
Jangankan Guardiola atau Xavi, mantan bos Ronaldo di timnas Portugal Luiz Felipe Scolari sendiri mengakui keunggulan Messi atas Ronaldo. "Satu-satunya hal buruk yang mengganggu karir luar biasa Ronaldo adalah Messi. Bila tidak ada Messi, maka dipastikan Ronaldo merupakan pemain terbaik dunia lima musim beruntun," kata Scolari, seperti dikutip Goal.
   
Musim ini, Messi dan Ronaldo memang punya koleksi gol sama banyak di Liga Primera, tetapi secara total, Messi lagi-lagi lebih unggul. Total dia telah mengemas 61 gol di semua ajang dan Ronaldo mencetak 53 gol di semua ajang.
   
Di luar persaingan el pichichi, persaingan perebutan gelar Liga Primera juga sedang panas-panasnya. Sempat unggul sepuluh poin, sekarang Real hanya unggul empat poin. "Saya tidak peduli dengan rekor, yang saya inginkan tim ini juara," ujar Ronaldo.
   
Dengan sisa lima pertandingan dan keunggulan empat angka, pelatih Jose Mourinho tentu akan memaksakan skor imbang bila kesulitan menang. Kalau pun kalah, mereka masih punya keunggulan satu angka di sisa empat pertandingan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar