Rabu, 04 Januari 2012

Xavi Playmaker Terbaik Dunia


BELUM ada yang bisa menggoyahkan Xavi Hernandez dari statusnya sebagai playmakerterbaik dunia. Setelah tiga tahun beruntun selalu terpilih, tahun iniplaymaker Barcelona itu terpilih lagi menyisihkan dua rekannya di Barcelona, yakni Lionel Messi dan Andres Iniesta.

Pemilihan playmaker terbaik itu dilakukan International Federation for Football History and Statistics (IFFHS). Penilaiannya dilakukan para ahli dan jurnalis dari 81 negara berbeda, berdasarkan pada kinerja dan prestasi pemain di lapangan hijau.


Keberhasilan Barcelona menjadi juara Liga Primera Spanyol dan Liga Champions musim lalu menjadi nilai lebih buat Xavi. Apalagi, kemudian dia melanjutkannya dengan menjuarai Piala Super Eropa, Piala Super Spanyol, dan Piala Dunia Antarklub 2011.

Prestasi yang sulit dilampaui para pemain lain, kecuali rekan satu tim. Makanya, tidak heran yang menjadi pesaingnya adalah Messi dan Iniesta. Tapi, soal kinerja sebagai pengatur permainan tampaknya Xavi dianggap lebih unggul ketimbang kedua rekannya.

“Xavi telah memberikan definisi berbeda soal gelandang pengatur serangan. Permainan Barca selalu melalui dirinya dan dia adalah talenta yang luar biasa. Sulit membayangkan Barca tanpa Xavi,” kata Emmanuel Petit, mantan pemain Timnas Prancis, seperti dikutip Goal.

Sementara itu, berdasarkan penilaian IFFHS, pemain Liga Primera Spanyol paling banyak mengirimkan wakil dalam daftar 16 besar pemain kreatif. Mereka mengirim tujuh waki, jauh lebih banyak ketimbang liga lainnya.

Selain tiga nama yang sudah disebut, masih ada Cesc Fabregas yang juga pemain Barcelona serta tiga pemain Real Madrid, yakni Mesut Oezil, Cristiano Ronaldo, dan Xabi Alonso. Sisanya, tiga pemain dari Premier League, tiga pemain dari Serie A, tiga dari Bundesliga, dan satu dari Ligue 1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar